INDUKAN UTAMA 2017

Kami mengunakan 3 trah utama yang menurut kami cukup bisa menghasilkan merpati yang baik dan juara kolong MEJA (PATEK) maupun kolong BEBAS:

1. TRAH TALEK

Penulis: Asokamerpati.com

 A. PENDAHULUAN

 Trah TELEK menghebohkan lomba merpati kolong baik Kolong Meja maupun Kolong Bebas, karena prestasi dan kualitas lomba merpati merpati Trah TALEK, hal tersebut antara lain semenjak kemunculan keturuan TALEK bernama:

  1. YAKUZA SERANG yang konon pindah tangan seharga 300jt;
  2. NIPON YAKUZA yang beberapa kali juara 1 lomba berhadiah Motor; dan
  3. GARENG 200jt yang menurut majalah terbitan bulan Agustus 2015 terjual 200jt

TALEK

Dari hasil survey Tim Asokamerpati.com, trah TALEK mempunyai keunggulan sebagai berikut:

  1. Mempunyai peluang lebih besar untuk menjadi juara kolong (Meja/Bebas);
  2. Mudah diternak menghasilkan piyikan bagus (general combin ability);
  3. Lebih sering menghasilkan piyikan jantan;
  4. Kuat perkawinan sedarah (Inbreed/Linebreed);
  5. Berkembang rumor kalau betina jodoh merpati lomba berdarah TALEK maka punya hoki juara lebih besar, dibanding betinanya burung biasa.
  6. Masih mendapat juara sampai generasi ke 7 TALEK, ada kecenderungan makin jauh dari TALEK semakin bagus kemampuan burungnya untuk juara.

Trah TALEK yang dikembangkan Asokamerpati.com adalah sebagai berikut:

  1. Trah TALEK jalur YAKUZA SERANG
  2. Trah TALEK jalur NIPON YAKUZA
  3. Trah TALEK jalur TRIAD 99
  4. Trah TALEK jalur BAJAKLAUT
  5. Trah TALEK jalur AVATAR

Pembahasan lebih detail dan berbagai macam prestasi di lomba nasional kolong akan dibahas di Bagian PERKEMBANGAN TRAH TALEK dan PRESTASI TRAH TALEK.

Trah Talek

Silsilah Trah Talek-YAKUZA

B. SEJARAH AWAL TRAH TALEK

Trah TALEK merupakan burung keturunan (anak F1, cucu F2, cicit F3 dan seterusnya) dengan darah TALEK. Secara pribadi Asokamerpati berpendapat seekor merpati masih bisa disebut dalam satu trah kalau punya darah atau genetik DNA minimal 12,5% atau biasanya cicit (F3), bisa juga generasi ke 3,4,5 dst tetapi mempunyai darah/genetik DNA minimal 12,5%. Trah TALEK merupakan merpati yang cukup baik dan mewarnai burung burung juara di hampir semua pemain besar baik di purwokerto, cilacap, tasikmalaya sampai bandung, utamanya untuk kolongan (patek) meja juga kolong bebas di JABOTABEK melalui Talek Jalur Yakuza Serang.

TALEK mempunyai induk jantan bernama JENGGOT, yang mana JENGGOT juga sering juara kolongan di Purwokerto. JENGGOT disilang dengan betina top dari Pak Bawuk Purwokerto sehingga melahirkan TALEK.  TALEK mempunyai ciri yang unik karena burungnya blantong blewuk dengan mata roda (mata loro ora pada) satu mata emas dan satunya mata jawa. TALEK merupakan nama burung yang cukup ngetop di tahun 2000an tepatnya kisaran 2002, yang mana TALEK awalnya dimainkan di daerah Purwokerto dan Purbalingga (Jawa Tengah), serta Cilacap.

Menurut beberapa sumber yang berhasil dihimpun asokamerpati menyatakan bahwa TALEK mempunyai kehebatan untuk JUARA dan bisa selalu JUARA disetiap burung tersebut ikut dalam lomba, sampai disuatu titik TALEK dilarang ikut lomba karena terlalu sering juara yakni 10x berturut turut juara 1 maka tidak boleh ikut lomba (aturan dulu begitu). Sehingga di daerah Purwokerto TALEK bisa dianggap burung LEGENDA, dengan prestasi yang luar biasa yakni kurang labih 40x juara 1.

Setelah usianya cukup TALEK mulai diternak, diawal ternak hasilnya anak jantan TALEK hanya jadi burung biasa (menurut beberapa sumber hanya 1 atau 2 yang juara). Tetapi kehebatan TALEK tidak turun di anak jantan tetapi di anak betina terbukti rata rata cucu TALEK dari jalur betina bisa menjadi JUARA dan tetap juara sampai generasi ke 7 (F7) mudah mudahan generasi berikutnya juga tetap mampu juara.

Dari anak betina TALEK yang kemudian melahirkan cucu (F2) inilah trah TALEK mulai berkembang dan disilang cukup dekat (linebreed) dan hebatnya hasil linebreed bisa menjadi juara besar sehingga trah TALEK semakin berkibar.

Beberapa Anak Talek menurut Tim Asokamerpati.com adalah sebagai berikut:

  1. Tenggo (Jantan)
  2. Induk Betina Nipon Yakuza
  3. Nenek Yakuza Serang
  4. Induk Betina Triad 99
  5. Induk Betina Avatar
  6. Induk Betina Panji Boty
  7. Gambir Kakek Serdadu
  8. Induk Betina Ringgit TALEK

TENGGO merupakan anak Talek hasil inbreed (perkawinan sedarah) antara TALEK vs Induk Betina Nipon Yakuza, yang mana Induk Betina Nipon Yakuza merupakan anak betina TALEK. TENGGO termasuk anak Talek yang cukup terkenal karena sebagai berikut:

  1. Prestasinya sangat bagus sering juara 1 lomba besar merpati kolong;
  2. Sempat tanding bareng dengan Talek;
  3. Beberapa kali juara 1 dan 2 bersama antara Tenggo dan Talek;
  4. Merupakan merpati Inbreed hasil persilangan Bapak vs Anak kandung.

Sementara anak Talek lainnya masih ada beberapa yang cukup bagus dan bisa juara dan terjual puluhan juta.

TENGGO belum diambil anaknya ternyata hilang dipuncak prestasi.

Selanjutnya Trah TALEK menjadi tambah terkenal baik di lomba Kolong Bebas maupun di lomba Kolong Meja (Patek) setelah kemunculan burung bernama:

  1. YAKUZA Serang
  2. NIPON YAKUZA (Purwokerto)
  3. GARENG 200Jt
  4. JANOKO 80jt
  5. HIU
  6. PUTRA TASIK
  7. ARJUNA
  8. MARQUES
  9. BAJAKLAUT
  10. MONTELA

Persilangan Trah TALEK banyak diwarnai darah SASAK dan CITRA. SASAK dan CITRA adalah pesaing TALEK pada masanya, misal juara 1 TALEK maka juara 2 dan 3 biasanya SASAK dan CITRA. Persilangan persilangan trah TALEK berikutnya banyak diwarnai kombinasi SASAK dan CITRA.

SASAK adalah burung semi balap dengan tipe lompat pres tali dan bisa juara kolong berkali kali. Citra juga burung tinggi bertipe sangat kencang dor membal dan sering juara.

C. PERKEMBANGAN TRAH TALEK

Untuk membahas lebih detail trah TALEK berikut akan dibahas prestasi dan kemampuan ternak masing masing anak TALEK lewat jalur mana menghasilkan burung burung kolong dengan kualitas yang bagus:

  1. TRAH TALEK JALUR YAKUZA SERANG

YAKUZA Serang sangat terkenal di Serang Banten, yang mana YAKUZA sangat seringnya juara kolong bebas di JABOTABEK. Beberapa info yang kami dengar YAKUZA SERANG sempat ditawar ratusan juta pada saat puncak kejayaanya di tahun 2010-2011. YAKUZA SERANG bisa mendongkrak trah TALEK karena beberapa sumber menyatakan bahwa YAKUZA mempunyai induk betina berdarah TALEK (tepatnya cicit TALEK) dan mempunyai jodoh betina yang merupakan anak Talek, serta anak dan cucunya sering juara lomba kolong di Jabotabek.

YAKUZA (serang) awalnya bernama GARENG dan ketika dimainkan di Purwokerto burung belum juara, pada saat itu burung dibawa bersamaan dengan SIRENG. Keduanya baik GARENG dan SIRENG berdarah TALEK. Setelah di Serang GARENG berganti nama menjadi YAKUZA (Serang), sedangkan SIRENG sempat hilang di Serang Banten.

Tahun 2015 induk jantan YAKUZA (serang) masih ada dan diternak di Purwokerto, namun Induk betina sudah diganti. Induk betina YAKUZA (serang) sudah mati, dan saat ini diganti dengan Cucu Induk jantan YAKUZA.

Induk Jantan YAKUZA SERANG vs Cicit TALEK hanya mengeluarkan beberapa anak, setelah ganti betina berdarah bukan darah TALEK sampai saat ini belum mengelurkan anak yang bagus lagi, sehingga saya berkesimpulan darah/genetik DNA TALEK yang lebih dominan juara.

Pada kalangan penghobi merpati di Purwokerto sendiri YAKUZA terbagi menjadi 2 yakni YAKUZA SERANG dan NIPON YAKUZA (Purwokerto), keduanya cukup terkenal dan keduanya berdarah TALEK.

YAKUZA SERANG memiliki Saudara seibu sebapak antara lain sebagai berikut:

1). Ringgit YAKUZA

2). Adik Betina Yakuza Serang

RINGGIT Yakuza juga sering juara dan cukup dikenal di purwokerto, salah satu perpaduan keturunan RINGGIT dengan darah Nipon Yakuza menghasilkan MAHDA, BRAZIL dll

MAHDA beberapa kali juara lomba lokalan dan jagungan serta juara Lomba Kolong berhadiah motor Mioan, MAHDA sempat ditawar 20jt.

BRAZIL juga cukup bagus dengan sempat juara 1 berturut turut 3x dengan prestasi 5x juara 1 dan beberapa kali juara 2 dan 3.

ADIK Betina YAKUZA SERANG dijodohkan dengan 99 mengeluarkan banyak burung bagus yang mewarnai hampir rata rata trah talek yang wewarnai indukan Asokamerpati.com.

ADIK Betina YAKUZA SERANG dijodohkan dengan 99 menghasilkan keturunan antara lain:

  1. Gareng 200jt,
  2. Arjuna (35jt),
  3. Bajaklaut (35jt),
  4. Montela dll

Merpati merpati tersebut akan dibahas lebih detai di TRAH TALEK yang JALURNYA lebih dekat

  1. TRAH TALEK JALUR NIPON YAKUZA

NIPON YAKUZA merupakan burung yang terkenal di Purwokerto sama terkenalnya dengan YAKUZA SERANG. Burung yang bernama NIPON YAKUZA berdarah TALEK yakni anak TALEK betina hasil persilangan dengan burung tinggi tomprang ring JARUM.

Untuk mengetahui kualitas burung trah Talek berikut gambaran prestasi merpati yang biasa disebut dengan NIPON YAKUZA antara lain adalah:

  1. Juara 1 mendapat hadiah Motor Ninja
  2. Juara 1 mendapat hadiah Motor Megapro
  3. Juara 1 mendapat hadiah Motor Ninja
  4. Juara 1 dan 2 bersama krn satu tim mendapat hadiah Mobil dan Motor Tiger
  5. Sering juara lokalan dan jagungan lainnya.

NIPON YAKUZA mempunyai saudara saudara seibu yang cukup baik dan bagus antara lain sebagai berikut:

  1. Tenggo (Inbreed Talek)
  2. Hiu
  3. Nagasaki
  4. Astronot
  5. Belahan Nipon Yakuza
  6. Adik Nipon Yakuza

TENGGO merupakan merpati inbreed yang telah dibahas diatas, sebagai hasil persilangan Talek vs Anak betina Talek.

HIU merupakan CUCU TALEK hasil persilangan Ibu NIPON YAKUZA dengan Jantan Balap Anak Bonansa ring TIPTOP. HIU menjadi burung kolong semi jablay (lompat tali) yang sangat kencang, sehingga menjadikan HIU menjadi burung yang sangat disegani, walaupun usianya sudah tua mendekati 7thn, adapun prestasinya adalah sebagai berikut:

  1. Juara 3 Lomba Universary PMTI 2015 dengan hadiah utama mobil Ayla (Total hadiah 150jt);
  2. Lima kali berturut turut tembus 10 besar lomba Nasional kolong PMTI 2015
  3. Juara 4 total point Akhir lomba nasional PMTI 2015 jumlah total 440 point
  4. Juara masuk 10 besar Lomba Nasional PMTI UNWIKU 18/Agustus/2015
  5. Juara masuk 10 besar Lomba Nasional PMTI Jipang Purwokerto12-13 September 2015
  6. Juara masuk 10 besar Lomba Nasional PMTI Bongkok Cimahi Bandung 26-27 September 2015
  7. Juara masuk 10 besar Lomba Nasional PMTI UNWIKU 5-6 Desember 2015
  8. Juara masuk 10 besar Lomba Nasional PMTI di Majenang Cilacap 26-27 Maret 2016
  9. Juara masuk 10 besar Lomba Nasional PMTI di Iwa Cap, Pasirlayung Bandung 21-22 Mei 2016
  10. Sering juara Lomba kolong lokalan dan lokal besar
 (Ket. Lomba Nasional PMTI total hadiah kurang lebih 50jt-100jt rupiah, Lomba lokal besar total hadiah kurang lebih 10jt-15jtan, Lomba Lokal total hadiah 1jt-5jtan)

NAGASAKI dan ASTRONOT beberapa kali juara kolong tetapi tidak terlalu top dibandingkan TENGGO, HIU dan NIPON YAKUZA.

Betina Belahan NIPON YAKUZA juga menghasilkan burung yang cukup bagus yakni

  1. Janoko 80jt
  2. Janoko Mutiara
  3. Betina Adik Hiu

JANOKO 80jt merupakan hasil persilangan Betina Belahan NIPON YAKUZA dengan ARJUNA.

Adapun Prestasi JANOKO 80jt adalah:

  1. Juara 1 Lomba Nasional PMTI di Sidareja Cilacap mengalahkan Wareng SDR di Final, (mendapat hadiah Motor Tiger);
  2. Juara 1 Perang Bintang Lomba Nasional PMTI di Lapak Bangsa Banyumas Jateng;
  3. Juara Lokalan dan jagungan.
 (Ket. Lomba Nasional PMTI total hadiah kurang lebih 50jt-100jt rupiah, Lomba lokal besar total hadiah kurang lebih 10jt-15jtan, Lomba Lokal total hadiah 1jt-5jtan)

JANOKO 80jt berumur sangat muda sudah juara dan ternyata begitu sudah mulai juara langsung berturut turut juara lomba lokalan, giringan berikutnya juara PB lomba nasional dan giringan berikutnya juara 1 Lomba Nasional PMTI selanjutnya ditawar mahal senilai 80jt selanjutnya pas latih menabrang tiang kolong dan MATI DIPUNCAK PRESTASI.

JANOKO 80jt sangat kencang, aman tali dan jablay juga bagus tinggi pukulnya, sehingga bisa mengalahkan burung burung bagus di level Lomba Kolong Tingkat Nasional.

Adik JANOKO 80jt diberinama Janoko Mutiara, JANOKO MUTIARA juga tidak berumur panjang karena baru mulai Juara trus burung sakit telo.

JANOKO MUTIARA mempunyai indukan ARJUNA JUNIOR vs Betina Belahan NIPON YAKUZA, Adapun prestasinya JANOKO MUTIARA yakni:

  1. Juara 2 Lomba Merpati Kolong berhadiah Motor di Lapak Jipang Purwokerto;
  2. Beberapa kali juara lomba lokalan dan jagungan.

JANOKO MUTIARA juga tidak berumur panjang karena baru mulai Juara trus burung sakit telo.

ARJUNA JUNIOR merupakan hasil persilangan ARJUNA vs (SASAK vs Anak 99).

Keluarga NIPON YAKUZA dicoba diuji dengan ternak dengan metode:

  1. INBREED yakni hasil silang Bapak vs Anak betinanya yakni (ARJUNA JUNIOR vs Belahan NIPON YAKUZA) vs ARJUNA JUNIOR, hasil persilangan tersebut menghasilkan merpati bernama NIPON. NIPON burungnya kecil dan mata merah menyala, tenaga baik dan kecerdasan baik, serta sudah berprestasi juara lomba lokalan sebanyak 4x.
  1. LINEBREED yakni persilangan Anak vs Cucu yakni (Adik Janoko Mutiara vs Jantan Tegal) vs Bapak janoko Mutiara dengan pola ((ARJUNA JUNIOR vs Belahan NIPON YAKUZA) vs Tegal) vs ARJUNA JUNIOR menghasilkan merpati:
    1. NIPON Kroya
    2. NIPON PWT
    3. Betina adik Nipon Kroya
    4. Betina adik Nipon PWT

BETINA adik HIU merupakan merpati hasil persilangan Batina BELAHAN NIPON YAKUZA vs Jantan Balap Anak Bonansa ring TIPTOP.

BETINA adik HIU dicoba diuji dengan ternak dengan metode:

1. CROSS yakni hasil silang Betina adik HIU di CROSS dengan Citra 2, hasil persilangan tersebut menghasilkan merpati :

  1. HIU Junior
  2. HIU MX
  3. Betina Adik HIU MX

CITRA 2 adalah burung kolong darah CITRA dengan tipe terbang tinggi turun sangat deras dan sangat dor. CITRA 2 vs Betina TEGAL menghasilkan AMROJI yang sudah terjual 25jt, dengan prestasi Masuk 15 Besar Lomba Nasional PMTI Pangandaran 2017 dengan peserta kurang lebih 1000an merpati.

2.LINEBREED yakni persilangan BETINA Adik HIU vs ARJUNA JUNIOR sehingga menghasilkan gabungan 3 Anak TELEK. Adapun merpati hasil Linebreed ini yakni merpati bernama:

  1. Android 1
  2. Android 2
  3. Adik Android
  1. TRAH TALEK JALUR TRIAD 99

 Trah TALEK jalur Triad 99 yang paling terkanal adalah GARENG 200jt dan ARJUNA.

GARENG 200jt berhasil menghebohkan kalangan pencinta burung merpati kolong karena terjual seharga 200jt dibulan Agustus 2015, pada saat itu GARENG 200jt adalah pemegan point tertinggi lomba nasional PMTI 2015.

GARENG 200jt menurut joki pelatih Gareng 200jt mempunyai indukan ANAK 99 vs Anak TALEK betina, sementara menurut yang ternak GARENG 200jt, beliau berpendapat GARENG 200jt mempunyai induk ANAK 99 vs CUCU ADIK TALEK.

GARENG 200jt

GARENG 200jt

Adapun prestasi GARENG 200jt adalah sebagai berikut:

  1. Juara 2 Total Point Lomba Nasional Kolong PMTI 2015
  2. Juara 1 Total Point Lomba Lokalan Jateng 2015
  3. Juara 1 lomba nasional PMTI BANYUMAS Purwokerto Tanggal 25-26 April 2015
  4. Juara 2 lomba nasional PMTI Bangsa Banyumas 31 januari – 1 Februari 2015
  5. Juara 3 lomba nasional PMTI JIPANG Purwokerto Tanggal 22-23 Mei 2015
  6. Juara 3 lomba nasional PMTI Kawuncarang Purwokerto 2015
  7. Sering juara lomba lokal dan lokal besar
(Ket. Lomba Nasional PMTI total hadiah kurang lebih 50jt-100jt rupiah, Lomba lokal besar total hadiah kurang lebih 10jt-15jtan, Lomba Lokal total hadiah 1jt-5jtan)

ARJUNA merupakan hasil persilangan dekat antara (99 vs Adik YAKUZA serang) vs (TRIAD vs Anak TALEK betina).

99 dan TRIAD adalah merupakan kakak beradik cucu TALEK, hasil persilangan Anak TALEK betina vs Burung BALAP.

Adapun Prestasi ARJUNA adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1 Lomba Nasional PMTI Sampang Banyumas 11 Nopember 2013
  2. Juara 2 Lomba Nasional PMTI Pasir Layung Bandung 22 Mei 2016
  3. Juara 4 Lomba Nasional PMTI Jipang Purwokerto 22-23 Mei 2015
  4. Juara masuk 10 besar Lomba Nasional PMTI Bogor 30 Agustus 2015
  5. Sering juara lomba lokal dan lokal besar
(Ket. Lomba Nasional PMTI total hadiah kurang lebih 50jt-100jt rupiah, Lomba lokal besar total hadiah kurang lebih 10jt-15jtan, Lomba Lokal total hadiah 1jt-5jtan)

Trah TALEK jalur TRIAD 99 lainnya selain GARENG dan ARJUNA adalah sebagai berikut:

  1. 99
  2. TRIAD
  3. SIRENG
  4. PANJI
  5. BOTY
  6. BEBEK
  7. MALINO
  8. BACIL
  9. JOWI
  10. IBLIS

99 adalah hasil perilangan Anak Betina Talek vs BALAP, jadi 99 adalah cucu Talek. 99 disilang dengan adik betina YAKUZA serang menghasilkan banyak burung bagus dan diakui misal GERENG dan ARJUNA.

99 sering juara kolong lokalan karena pada jamannya belum ada lomba nasional kolong.

TRIAD adalah hasil persilangan Anak Betina Talek vs BALAP, jadi TRIAD adalah adik 99. TRIAD disilang dengan Anak Talek Betina, jadi Cucu Talek vs Anak Talek betina menghasilkan PANJI, BOTY dll. TRIAD juga sering juara kolong lokalan karena pada jamannya belum ada lomba nasional kolong.

TRIAD walaupun mempunyai induk jantan burung balap, namun bisa juara kolongan berkali kali sampai beberapa kali juara berseri. keturunan Triad sangat banyak yg jadi juara antara lain anaknya yakni Boty (sempat juara lomba nasional dan lokal besar Total lebih dari 20x juara kolong dan ditawar puluhan juta), Panji (sering juara lokal besar di serang dan purwokerto), Boni, Bebek. Cucu Triad yg bagus antara lain Malino (sering juara termasuk lomba nasional dan lokal besar termasuk juara mendapat Motor).

BACIL adalah keturunan 99 yang mana BACIL sering juara lokalan dan termasuk sangat dor bawahnya.

JOWI juara lebih dari 10x merupakan hasil silang Boty dengan betina nenek BAJAKLAUT.

IBLIS merupakan hasil persilangan darah Sireng dengan Adik Bajaklaut. Iblis sering juara kolong lokalan dan local besar, serta mendapat hadiah masuk 10 besar lomba nasional.

  1. TRAH TALEK JALUR BAJAKLAUT

BAJAKLAUT menjadi jalur tersendiri karena sudah cukup jauh dari TALEK tapi mempunyai kualitas yang makin bagus dan merata piyikan bagus yang dihasilkan.

Trah TALEK jalur BAJAKLAUT merupakan salah satu merpati darah TALEK yang sangat bagus, dengan kelebihan sebagai berikut:

  1. Kualitas anakan piyikan sangat merata;
  2. Banyak keluar jantan sekaligus atau betina sekaligus sehingga kalau butuhnya piyikan jantan maka indukan yang mengeluarkan betina sekaligus harus disingkirkan ;
  3. Konsisten piyikan yang dilatih bisa juara mendekati 95%

Berikut diagram ternak darah TALEK jalur BAJAKLAUT:

Fo Telek à F1 Betina Induk Boty àF2 Jantan Kakak BotyàF3 Jantan Kakak MalinoàF4 Betina Adik BajaklautàF5 Montela

Beberapa burung trah TALEK jalur BAJAKLAUT yang cukup bagus  adalah sebagai berikut:

  1. BAJAKLAUT
  2. ELEGAN
  3. BONEK
  4. SOEHARTO
  5. TENDA BIRU
  6. GLADIATOR
  7. JENGGOT (junior)
  8. JENGGOT NAGA
  9. MENTARI
  10. THOSIBA 1
  11. THOSIBA 2
  12. MONTELA
  13. OHARA
  14. ALEKSIS
  15. ZETA ZOLA
  16. SANDRA
  17. MAHESA
  18. MONTELA MX
  19. dll

 

BAJAKLAUT, MONTELA, JENGGOT NAGA adalah beberapa keturunan TRAH TALEK jalur BAJAKLAUT yang cukup bagus dan burung burung tersebut sangat di kagumi oleh pemiliknya masing masing.

 

BAJAKLAUT sebelumnya adalah bernama BALADEWA. BAJAKLAUT cukup sering juara dilomba kolong terutama lokalan dan beberapa kali juara di lomba Nasionan. Adapun prestasinya adalah sebagai berikut:

  1. Juara 2 Lomba nasional Kolong PMTI di UNWIKU purwokerto 2014 bersaing di FINAL bersama burung tim MUTIARA.
  2. Juara 3 Lomba nasional Kolong PMTI di UNWIKU purwokerto 2014
  3. Sering juara lokalan tahun 2013, 2014, 2015, 2016.

Prestasi tahun 2014 sangat bagus dilomba nasional namun BAJAKLAUT mengalami sakit parah akhirnya dapat terselamatkan tetapi kualitas lombanya tidak sehebat sebelumnya.

MONTELA termasuk burung yang sangat kencang dan berhasil dua kali tembus di lomba NASIONAL PMTI yakni:

  1. Juara 3 Lomba nasional PMTI di WLAHAR bulan Nopember 2016
  2. Juara 10 besar Lomba Nasional PMTI UNWIKU purwokerto Bulan Oktober 2016
  3. Beberapa kali masuk 10 Besar lomba Mioan di Cilacap.

Montela dianggap burung sangat kencang baik dilomba lokalan maupun Nasional sehingga agak sulit pada saat geber merpati tersebut.

  1. TRAH TALEK JALUR AVATAR

AVATAR terjual 15 juta dengan prestasi juara lokalan kisaran 15x. AVATAR merupakan hasil persilangan anak TALEK betina vs MUTEM, mutem adalah burung dari BANDUNG.

Anak AVATAR juga cukup banyak menghasilkan anakan yang juara dari hasil persilangan AVATAR dengan ANAK BOTY yakni antara lain AVATAR 1, ANAK AVATAR, AVATAR 2, AVATAR 3, STONER, BIONIK dll

AVATAR 1 disilang dengan cucu BAJAKLAUT menghasilkan burung bagus antara lain JETET, REPTOR. REPTOR dilatih dijakarta dan cukup bagus sangat kencang dor dan lompat tali bagus.

  1. PRESTASI MERPATI TRAH TALEK

Di tahun 2013 keturunan TALEK masih banyak yang berkibar misalkan:

  1. MALINO (cucu TRIAD) sering juara lokalan, sempat juara 2 lomba nasional mendapat MOTOR baru di Purwokerto, pernah ditawar puluhan juta.
  2. HOTDOG (cucu TRIAD), sering juara lokalan.
  3. BEBEK (“99”vs adik YAKUZA), sering juara lomba kolongan sempat ditawar 25jt
  4. BONI (Anak TRIAD) sering juara lokalan, pernah ditawar puluhan juta.
  5. JENGGOT NAGA (cucu TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, pernah ditawar puluhan juta.
  6. PANJI (Anak TRIAD) sering juara lokalan, terjual puluhan juta, sempat pindah ke Serang Banten.
  7. ARJUNA (juara 1 lomba nasional PMTI dan sering juara local dan local besar)
  8. Bonek (Kakak Bajaklaut), dll.

Kemudian ditahun 2014 beberapa burung keturunan TALEK yang berkibar:

  1. Juara Lomba Nasional
  1. HIU (Burung Balap vs anak Talek), Peringkat 11 Nasional Lomba Merpati Tinggi Kolong 2014 versi PMTI (Persatuan Merpati Tinggi Indonesia).
  2. PUTRA TASIK (Blackmamba vs adik Nipon Yakuza), peringkat 13 Nasional Lomba Merpati Tinggi Kolong 2014 versi PMTI (Persatuan Merpati Tinggi Indonesia).
  3. BAJAKLAUT/BALADEWA ((Anak triad vs Adik 99) vs Cicit 99), Peringkat 19 Nasional Lomba Merpati Tinggi Kolong 2014 versi PMTI (Persatuan Merpati Tinggi Indonesia).
  1. Juara Lomba Lokal Besar:
  1. BOTY (Anak TRIAD hasil linebreed TALEK 37.5%)
  2. ARJUNA (Anak TRIAD vs ( “99”vs Adik Yakuza) sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual seharga 35jt.
  3. BAJAKLAUT/BALADEWA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus kakak ELEGAN, Baladewa berganti nama menjadi Bajaklaut sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual 10jt trus pindah tangan lagi seharga 35jt, terakhir konon ditawar 75jt, posisi terakhir di Bpk Kiki Hoky.
  4. AVATAR (Cucu TRIAD hasil linebreed TALEK 25%) Juara lokalan  kurang lebih 15x, terjual puluhan juta, posisi terakhir di Bpk H.Masdar Kroya.
  5. ELEGAN (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA, sering juara lokalan, posisi terakhir di H.Masdar Kroya
  6. MAHDA (Anak Ringgit vs anak Triad). Ringgit adalah adik Yakuza Serang.
  7. dll

Kemudian ditahun 2015 beberapa burung keturunan TALEK yang berkibar:

  1. Juara Lomba Nasional
  1. GARENG (Anak 99 vs trah Talek), Peringkat 2 Nasional Lomba Merpati Tinggi Kolong 2015 versi PMTI (Persatuan Merpati Tinggi Indonesia).
  2. HIU (Burung Balap vs anak Talek), Peringkat 4 Nasional Lomba Merpati Tinggi Kolong 2015versi PMTI (Persatuan Merpati Tinggi Indonesia).
  3. PUTRA TASIK (Blackmamba vs adik Nipon Yakuza), peringkat 9 Nasional Lomba Merpati Tinggi Kolong 2015 versi PMTI (Persatuan Merpati Tinggi Indonesia).
  1. Juara Lomba Lokal Besar:
  1. ARJUNA (Anak TRIAD vs ( “99”vs Adik Yakuza) sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual seharga 35jt.
  2. BAJAKLAUT/BALADEWA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus kakak ELEGAN, Baladewa berganti nama menjadi Bajaklaut sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual 10jt trus pindah tangan lagi seharga 35jt, terakhir konon ditawar 75jt, posisi terakhir di Bpk Kiki Hoky.
  3. AVATAR (Cucu TRIAD hasil linebreed TALEK 25%) Juara lokalan  kurang lebih 15x, terjual puluhan juta, posisi terakhir di Bpk H.Masdar Kroya.
  4. ELEGAN (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA, sering juara lokalan, posisi terakhir di H.Masdar Kroya
  5. MAHDA (Anak Ringgit vs anak Triad). Ringgit adalah adik Yakuza Serang.
  6. AVATAR 1 (Avatar vs Anak Boty), sering juara lokalan baik lomba besar mapun kecil.
  7. YAKUZA KROYA (Trah Citra vs (Anak Triad vs Cucu 99)), sering juara jagungan, dan juara lokal besar.
  8. dll

 

Saat ini www.asokamerpati.com menggunakan beberapa trah TALEK menjadi indukan antara lain:

Jantan:

  1. PERDANA  (anak TRIAD vs anak adik “99”,  hasil linebreed TALEK 31.2%)
  2. JAWATULEN  (( “99” vs adik YAKUZA) vs Citra , dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  3. THOSIBA 1 (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA/BAJAKLAUT dan ELEGAN
  4. THOSIBA 2 (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA/BAJAKLAUT dan ELEGAN
  5. MENTARI (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA/BAJAKLAUT dan ELEGAN
  6. AVATAR 1 (AVATAR vs ANAK BOTY, hasil linebreed TALEK 28.1%)
  7. AVATAR 2 (AVATAR vs ANAK BOTY, hasil linebreed TALEK 28.1%)
  8. AVATAR 3 (AVATAR vs ANAK BOTY, hasil linebreed TALEK 28.1%)
  9. MARIOT JUNIOR (cucu Baladewa, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  10. PANJI sering juara kolongan di purwokerto, JABOTABEK dan serang, sebelumnya bernama FORTUNER
  11. NIPON kecil (juara lokalan di purwokerto)
  12. BRAZIL (juara 1 lokalan lomba kolongan 5x)
  13. SIRENG JUNIOR
  14. dll

 

Betina:

  1. Ibu BAJAKLAUT/BALADEWA, sekaligus TENDABIRU, ELEGAN, BONEK, JENGGOT NAGA, dll
  2. Linebreed Talek (Anak talek vs Cucu Talek)
  3. CUCU TALEK (anak Talek vs anak Junior Leonard BALAP, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  4. KAKAK BAJAKLAUT (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  5. BUNGA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  6. ADIK ADIK BAJAKLAUT
  7. ANAK BAJAKLAUT (BAJAKLAUT vs anak Boty, linebreed TALEK 22%)
  8. CUCU BAJAKLAUT (cucu BAJAKLAUT, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  9. MAMA JANOKO ((anak Triad vs (“99”vs Adik YAKUZA)) vs BACIL), hasil linebreed TALEK 23%)

 

 

2. TRAH SINAR

Silsilah Trah Sinar

Silsilah Trah Sinar

Trah Sinar yang kami bentuk merupakan gabungan dari 2 jantan anak Sinar dan 1 Betina Anak Sinar yakni SAKTI, SINAR JUNIOR dan AZUMI, semuanya menggunakan betina jodoh SINAR yang berbeda. Azumi merupakan anak betina sinar, yang ketika dijodohkan dengan Global menghasilkan burung yang merata anakannya selanjutnya kami simpan anak terbaik yakni AZUMI JUNIOR. Global sendiri merupakan persilangan Roker vs Anak Tompel. Roker dan Tompel sangat sering juara lomba merpati kolong di cilacap.

AZUMI JUNIOR menjadi indukan yang sangat penting karena menghasilkan anakan yg merata baik dan bisa juara lomba. Azumi junior disilang dengan SINAR JUNIOR menghasilkan satu betina yakni ANAK SINAR JUNIOR diberi nama ASOKA. AZUMI JUNIOR dijodohkan dengan trah YAP bernama Delta menghasilkan burung kencang dan aman tali antara lain TANPA NAMA dan BRAJAMUSTI. TANPA NAMA sering juara lomba kolong di kroya cilacap. BRAJAMUSTI burung terlalu kencang terakhir cidera kaki sehingga masuk kandang ternak.

ASOKA dijodohkan dengan KCT 024 (trah YAP) menghasilkan burung yang cukup baik yakni HONDA dan BUANA. BUANA dijodohkan dengan SAKTI menghasilkan MEGAN, Anak SAKTI dll. MEGAN menjadi burung cukup baik dan jablay aman tali.

SAKTI disilang dengan anak BAJAKLAUT menghasilkan burung sangat bagus yakni ASOKA 1 dan ASOKA 2.

Adapun indukan saat ini dari trah SINAR yakni:

  1. SAKTI adalah anak SINAR. SAKTI juara kolongan lomba besar dan kecil 18x.
  2. ASOKA yakni SINAR JUNIOR vs AZUMI Junior
  3. ASOKA 1 yakni SAKTI vs ANAK BAJAKLAUT
  4. ASOKA 2 yakni SAKTI vs ANAK BAJAKLAUT
  5. BRAJAMUSTI yakni DELTA YAP vs AZUMI JUNIOR
  6. BUANA yakni KTC 024 vs ASOKA

 

3. TRAH YAP (Rodagila dan Chelsie)

Burung burung keturunan merpati YAP yang menjadi dasar ternakan kami adalah sebagai berikut:

  1. Delta, (Deby vs Disny) yakni merupakan linebreed anak Chelsi YAP yang bernama Maestro. Delta adalah anak Deby paling kencang dan mempunyai tenaga luarbiasa bagus. Deby adalah Burung Balap dari Beruang Team (BR) vs (Maestro vs Ibu Teroris Tlogorejo), Disny (Maestro vs MRB) merupakan burung keturunan asli tinggian cucu maestro dimana Maestro merupakan anak Chelsie burung andalan YAP lama
  2. KTC 024, (Trah Rodagila YAP vs Lesus KTC)
  3. Katraco, (Matador KTC vs Anak Merlin KTC), matador adalah Anak Target, sedang Merlin adalah Cucu Target. Target adalah anak Rodagila YAP.
  4. Mattel (tritis) ring DBF adalah hasil persilangan Samudera vs Anak Target, yang mana samudera adalah cucu target, target adalah anak roda gila (YAP).  Merupakan burung keturunan burung andalan YAP yang merupakan garis burung YAP lama paling berprestasi. Samudera merupakan burung tinggian yang dimainkan dijabotabek dengan prestasi luar biasa, menang tanding lomba tinggian lebih dari 50 kali juara (hampir tidak pernah kalah). Target merupakan burung anak roda gila YAP paling baik, target dibeli tim katraco dengan harga 35jt (menurut ketua kandang tim Katrako), target selama tanding juga hampir tidak pernah kalah. Beberapa anakan target terjual 15jtan karena cukup baik prestasinya.

Leave a Reply