Profile Kami

TENTANG ASOKA TEAM MERPATI

Saya memelihara merpati tinggian berawal dari pemberian merpati oleh salah satu kerabat pada saat SD sekitar tahun 1989, saya terus coba memelihara pada saat itu sedang duduk dibangku kuliah di UNSOED Purwokerto Jawa Tengah, beberapa ekor menjadi burung yang sangat baik untuk ukuran kampung di kabupaten cilacap jawa tengah, sampai pada saat saya mulai kerja disemarang sebagai pegawai pada Kementerian Keuangan, total berhenti memelihara burung merpati.

Seiring tuntutan pekerjaan di Kementrian Keuangan akhirnya dari Semarang dipindah ke Jakarta sembari menyelesaikan Program S2 di FE Universitar Indonesia (UI) Jakarta, dan tinggal dibekasi. Ternyata temen-teman dibekasi banyak yang maen burung sehingga tahun 2010 berdirilah TEAM ASOKA MERPATI, dengan indukan burung-burung yang kategori terbaik menurut kami dengan fokus MERPATI TINGGI KOLONGAN dan sebagian kecil MERPATI BALAP , mengingat dari awal saya sudah terbiasa memelihara kedua jenis merpati tersebut.

Untuk mematangkan ilmu ternak saya terus belajar dari tulisan pakar-pakar burung merpati dari Belgia, Belanda, Amerika, Australia, Negara-negara Eropa dll dan sering bertanya langsung pada praktisi burung merpati lokal baik di jabotabek maupun di purwokerto, cilacap, yogyakarta dan semarang yang tahu tentang burung-burung merpati juara baik tinggian kolongan maupun balap.

Adapun burung-burung kami saat ini antara lain sebagai berikut:

  1. 1. Darah/Trah/Keturunan Roker
  • Roker merupakan merpati tinggi kolongan yang cukup berprestasi di kabupaten cilacap antara lain dengan menggondol motor, Kulkas, TV dan sederet prestasi lainnya, dan konon dapat mengimbangi burung-burung berprestasi dari Ciamis,Tasikmalaya sampai Bandung.
  • Burung kelompok ini antara lain Global (merupakan anak/F1 Roker), Lancip (merupakan cucu/F2 Roker)

 

  1. 2. Darah/Trah/Keturunan Maestro
  • Burung merpati kelompok ini adalah burung merpati tinggi trah/keturunan Chelsia (konon burung jawara andalan YAP dari trah lama) yang banyak menghasilkan merpati tinggi kolongan berprestasi, kelebihan burung kelompok ini adalah dapat turun atas kepala dengan sangat baik dan kencang. Beberapa sumber menyatakan burung kelompok ini untuk atas kepalanya rata-rata lebih bagus dibandingkan trah/keturunan merpati Roda Gila.
  • Burung kelompok ini antara lain Deby (merupakan cucu/F2 Maestro), Disny (merupakan cucu/F2 Maestro), Sosro (linebreed cucu Maestro), Sabena (linebreed cucu Maestro), Pitung (linebreed cucu Maestro).

 

  1. 3. Darah/Trah/Keturunan Sinar
  • Sinar merupakan merpati tinggi kolongan yang cukup berprestasi di kabupaten cilacap antara lain dengan menggondol TV, VCD Player, Tabanas dan  sederet prestasi lainnya, dan konon dapat mengimbangi burung-burung berprestasi dari Ciamis,Tasikmalaya sampai Bandung. Sinar mempunyai anak yang sering juara kolongan antara lain sakti.
  • Burung kelompok ini antara lain Azumi (merupakan anak/F1 Sinar), Bintang (merupakan anak/F1 Sinar), Batu (merupakan anak/F1 Sinar)

 

  1. 4. Darah/Trah/Keturunan Ireng
  • Ireng merupakan merpati tinggi kolongan milik kami dari trah/keturunan merpati baik asli daerah dari generasi lama yang turun temurun kami ternak dan dipilih yang baik untuk indukan generasi berikutnya.
  • Salah satu burung yang baik kelompok ini adalah Cobra, pernah juara 2 lomba merpati kolongan, sayang tidak lama setelah juara burung hilang.
  • Burung kelompok ini antara lain Ireng, Achia (merupakan anak Ireng), Kyubi (merupakan anak ireng).

 

  1. 5. Darah/Trah/Keturunan Kuji
  • Kuji adalah anak Robert dimana Robert merupakan merpati balap baik dan sering juara lomba merpati balap di kabupaten cilacap. Salah satu anakan yang cukup menonjol adalah Zidane yang sering juara lomba merpati balap, walaupun demikian menurut peternaknya Kuji merupakan anak terbaik Robert cuma sayang tidak dilombakan.
  • Kakak kuji pernah kami latih untuk merpati tinggi dan mau terbang tinggi dan turun sangat kencang.
  • Anak kuji yang cukup baik adalah Kabuto dan saat ini menjadi indukan kami.
  • Burung kelompok ini antara lain Kuji, Kabuto (merupakan anak/F1 Kuji), Unilever (merupakan anak/F1 Kuji), Songoku (merupakan anak/F1 Kuji) dan Niaga (merupakan anak/F1 Kuji).

 

  1. 6. Darah/Trah/Keturunan Monster
  • Keturunan burung-burung ini adalah burung balap yang sangat kental dan sangat sulit untuk mau terbang tinggi. Kami sudah mencoba menyilang dengan burung tinggi tetapi sangat sulit menghasilkan burung untuk tinggi kolongan. Burung trah monster rata-rata mampu terbang sangat cepat dan ciri nge L yang sangat dominan.
  • Burung kelompok ini yakni Lamont (merupakan cucu/F2 Monster), Altis (merupakan cucu/F2 Monster), dan Faye (merupakan cicit/F3 Monster).

 

Bagi teman-teman yang tertarik dapat menghubungi kami Team Asoka Merpati di

Telepon           : 085227008355 (Bani)

Pin bbm          : 7CF6D38D

Web Site          : www.asokamerpati.com

Blog                   : www.asokamerpati.blogspot.com

Pemasaran     : Belakang BSI/UNISMA, Kota Bekasi

Kandang          : Kec. Gandrungmangu dan Kec. Kroya, Cilacap

RING                 : Asoka Team dan Sinar-Ireng

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>