Indukan Jantan

Kami mengunakan 3 trah utama yang menurut kami cukup bisa menghasilkan merpati yang baik dan juara kolong:

1. Trah TALEK (YAKUZA)

Trah TALEK merupakan burung keturunan (anak F1, cucu F2, cicit F3 dan seterusnya) dengan darah TALEK. Secara pribadi saya berpendapat seekor merpati masih bisa disebut dalam satu trah kalau punya darah atau genetik DNA minimal 12,5% atau biasanya cicit (F3), bisa juga generasi ke 3,4,5 dst tetapi mempunyai darah/genetik DNA minimal 12,5%. Trah TALEK merupakan merpati yang cukup baik dan mewarnai burung burung juara di hampir semua pemain besar baik di purwokerto, cilacap, tasikmalaya sampai bandung, utamanya untuk kolongan meja juga kolong bebas di JABOTABEK.

TALEK mempunyai induk jantan bernama JENGGOT, yang mana JENGGOT juga sering juara kolongan di Purwokerto. JENGGOT disilang dengan betina top dari Pak Bawuk Purwokerto sehingga melahirkan TALEK.  TALEK mempunyai ciri yang unik karena burungnya blantong blewuk dengan mata roda (mata loro ora pada) satu mata emas dan satunya mata jawa. TALEK merupakan nama burung yang cukup ngetop di tahun 2000an tepatnya kisaran 2002, yang mana TALEK awalnya dimainkan di daerah Purwokerto dan Purbalingga (Jawa Tengah).

Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa TALEK mempunyai kehebatan untuk JUARA dan bisa selalu JUARA disetiap burung tersebut ikut dalam lomba, sampai disuatu titik TALEK nyaris dilarang ikut lomba karena terlalu sering juara. Sehingga di daerah Purwokerto TALEK bisa dianggap burung LEGENDA, dengan prestasi yang luar biasa.

Setelah usianya cukup TALEK mulai diternak, diawal ternak hasilnya anak jantan TALEK hanya jadi burung biasa (menurut beberapa sumber hanya 1 atau 2 yang juara). Tetapi kehebatan TALEK tidak turun dianak jantan tetapi dianak betina terbukti rata rata cucu TALEK dari jalur betina bisa menjadi JUARA.

Dari anak betina TALEK kemudian cucu (F2) inilah trah TALEK mulai berkembang dan disilang cukup dekat (linebreed) dan hebatnya hasil linebreed bisa menjadi juara sehingga trah TALEK semakin berkibar.

Trah TALEK menjadi tambah terkenal setelah kemunculan burung bernama YAKUZA di serang Banten, yang mana YAKUZA sangat seringnya juara kolong meja di JABOTABEK. Beberapa info yang kami dengar YAKUZA sempat ditawar ratusan juta pada saat puncak kejayaanya di tahun 2010-2011. YAKUZA bisa mendongkrak trah TALEK karena beberapa sumber menyatakan bahwa YAKUZA mempunyai induk betina berdarah TALEK (tepatnya cicit TALEK).

Di Purwokerto sendiri YAKUZA terbagi menjadi 2 yakni YAKUZA (serang) dan NIPON YAKUZA, keduanya cukup terkenal dan keduanya berdarah TALEK.

YAKUZA (serang) awalnya bernama GARENG dan ketika dimainkan di Purwokerto burung belum juara, pada saat itu burung dibawa bersamaan dengan SIRENG. Keduanya baik GARENG dan SIRENG berdarah TALEK. Saat ini (Nopember 2014) induk jantan YAKUZA (serang) masih ada dan diternak di Purwokerto, namun Induk betina sudah diganti. Induk betina YAKUZA (serang) sudah mati, dan saat ini diganti dengan Cucu Induk jantan YAKUZA. Induk Jantan YAKUZA vs Cicit TALEK hanya mengeluarkan beberapa anak, setelah ganti betina berdarah bukan darah TALEK sampai saat ini belum mengelurkan anak yang bagus lagi, sehingga saya berkesimpulan darah/genetik DNA TALEK yang lebih dominan juara.

NIPON YAKUZA merupakan burung yang terkenal di Purwokerto setelah YAKUZA (serang) ternak, beberapa sumber menyebutkan burung burung NIPON YAKUZA berdarah TALEK dari jalur TRIAD. TRIAD sendiri adalah cucu TALEK yakni hasil persilangan Burung Balap vs anak betina TALEK. TRIAD walaupun mempunyai induk jantan burung balap, namun bisa juara kolongan berkali kali sampai beberapa kali juara berseri.

TRIAD mempunyai kakak bernama “99”, “99” merupakan induk dari SIRENG. “99” juga anak burung balap vs anak TALEK, namun bisa juara lomba merpati tinggi kolong dan cukup terkenal di Purwokerto. “99” selama di Purwokerto sempat diternak dan dijodohkan dengan adik YAKUZA

Sampai saat ini YAKUZA (serang) dan NIPON YAKUZA masih ada pandangan yang berbeda misal YAKUZA (Serang) ada yang berpendapat bukan berdarah TALEK, hanya NIPON YAKUZA yang berdarah TALEK, tetapi hasil penelusuran ke beberapa sumber menyatakan YAKUZA (serang) mempunyai darah/genetik DNA TALEK (cicit TALEK).

Di tahun 2013 keturunan TALEK masih banyak yang berkibar misalkan:

  1. MALINO (cucu TRIAD) sering juara lokalan, sempat juara 2 lomba nasional di Purwokerto, pernah ditawar puluhan juta.
  2. HOTDOG (cucu TRIAD), sering juara lokalan.
  3. BEBEK (“99”vs adik YAKUZA), sering juara lomba kolongan sempat ditawar 25jt
  4. BONI (Anak TRIAD) sering juara lokalan, pernah ditawar puluhan juta.
  5. JENGGOT NAGA (cucu TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, pernah ditawar puluhan juta.
  6. PANJI (Anak TRIAD) sering juara lokalan, terjual puluhan juta, sempat pindah ke Serang Banten.
  7. dll.

Kemudian ditahun 2014 beberapa burung keturunan TALEK yang berkibar:

  1. BOTY (Anak TRIAD hasil linebreed TALEK 37.5%)
  2. ARJUNA (Anak TRIAD vs ( “99”vs Adik Yakuza) sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual seharga 35jt.
  3. BALADEWA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus kakak ELEGAN, Baladewa sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual 10jt trus pindah tangan lagi seharga 35jt, terakhir konon ditawar 75jt, posisi terakhir di Bpk Kiki Hoky.
  4. AVATAR (Cucu TRIAD hasil linebreed TALEK 25%) Juara lokalan  kurang lebih 15x, terjual puluhan juta, posisi terakhir di H.Masdar Kroya.
  5. ELEGAN (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA, sering juara lokalan, posisi terakhir di H.Masdar Kroya
  6. dll

Saat ini www.asokamerpati.com menggunakan beberapa trah TALEK menjadi indukan antara lain:

Jantan:

  1. PERDANA  (anak TRIAD vs anak adik “99”,  hasil linebreed TALEK 31.2%)
  2. JAWA  (( “99” vs adik YAKUZA) vs Citra , dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  3. THOSIBA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  4. MENTARI (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  5. AVATAR JUNIOR (AVATAR vs ANAK BOTY, hasil linebreed TALEK 28.1%)
  6. MARIOT JUNIOR (cucu Baladewa, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)

Betina:

  1. CUCU TALEK (anak Talek vs anak Junior Leonard BALAP, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  2. KAKAK BALADEWA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  3. BUNGA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  4. ANAK BALADEWA (Baladewa vs anak Boty, linebreed TALEK 22%)
  5. CUCU BALADEWA (cucu Baladewa, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  6. MAMA JANOKO ((anak Triad vs (“99”vs Adik YAKUZA)) vs BACIL), hasil linebreed TALEK 23%)
Trah Talek
Silsilah Trah Talek-Yakuza

 

 

 

2. Trah Sinar

Silsilah Trah SinarSilsilah Trah Sinar 

 

3. Trah YAP (Rodagila dan Chelsie)

Induk Jantan Utama Tambahan

1. MESSI

  • Nama Burung: Messi
  • Prestasi Messi:

• 3 (tiga) kali Juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah Kulkas di Lapak Jembatan 9 Bekasi;
• 1 (satu) kali Juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah Tabanas di Lapak Nagoya Bekasi;
• Berkali-kali juara 1 lomba jagungan merpati kolongan;
• Berkali-kali masuk Juara 2 dan 3 lomba merpati kolongan;

2. GARONG

  • Nama Burung: Garong
  • Prestasi Garong:

• 4 (tiga) kali Juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah TV,Kulkas,Tabanas di Lapak GAS Cilengsi, Bogor;
• 1 (satu) kali Juara 2 lomba merpati kolongan berhadiah Motor di Lapak GAS Cilengsi, Bogor;
• Berkali-kali juara 1 lomba jagungan merpati kolongan;
• Berkali-kali masuk Juara 2 dan 3 lomba merpati kolongan;

3. TORES

Tores

  • Nama Burung: TORES
  • Prestasi Tores:
  1. • Juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah Kulkas di Lapak Nagoya Bekasi;
  2. • Juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah Tabanas di Lapak Nagoya Bekasi;
  3. • Berkali-kali juara 1 lomba jagungan merpati kolongan;
  4. • Berkali-kali masuk Juara 2 dan 3 lomba merpati kolongan.
  • Anak Tores Yang Berprestasi:
  1. Panglima, prestasi sudah 2 kali juara 1 lomba merpati tinggi kolongan berhadiah tabanas (senilai lomba kulkasan) di lapak Kodam (pecahan lapak mutiaragading Bekasi)
  2. Magan, prestasi juara jagungan lomba merpati tinggi kolongan

4. JOKER

  • Nama Burung: Joker (Linebreed Ireng)
  • Induk Jantan: Ireng
  • Joker merupakan adik Cobra (keturunan ireng)
  • Ireng merupakan merpati tinggi kolongan milik kami kemudian kami jodohkan dengan trah/keturunan merpati baik, dari generasi lama yang turun temurun kami ternak dan dipilih yang baik untuk indukan generasi berikutnya. Ireng konon pernah meraih juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah motor
  • Salah satu keturunan F1 ireng (anak) adalah Cobra, pernah juara 2 lomba merpati kolongan, sayang tidak lama setelah juara burung hilang.
  • Induk Betina: Ades (Lamont vs Kyubi)
  • Lamont adalah burung balap juara nasional silangan cucu kayana vs anak monster
  • Kyubi adalah adik cobra, kyubi mempunyai indukan jantan bernama ‘Ireng’

5. TOWER

Tower

Tower

  • Nama Burung: Tower (Linebreed Ireng)
  • Induk Jantan: Anak Ireng (Ireng vs Tritis)
  • Anak Ireng Merupakan adik Cobra
  • Ireng merupakan merpati tinggi kolongan milik kami kemudian kami jodohkan dengan trah/keturunan merpati baik, dari generasi lama yang turun temurun kami ternak dan dipilih yang baik untuk indukan generasi berikutnya. Ireng konon pernah meraih juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah motor
  • Salah satu burung yang baik kelompok ini (keturunan ireng) adalah Cobra, pernah juara 2 lomba merpati kolongan, sayang tidak lama setelah juara burung hilang.
  • Induk Betina: Sofel (Lamont vs Kyubi)
  • Lamont adalah burung balap juara nasional silangan cucu kayana vs anak monster
  • Kyubi adalah adik cobra, kyubi mempunyai indukan jantan bernama ‘Ireng’

3. SINAR JUNIOR

Sinar Junior

Sinar Junior

  • Nama Burung: SINAR JUNIOR
  • Prestasi:
  • Juara 1 lomba merpati tinggi kolong berhadiah tabanas dan jagungan
  • RING: -
  • Induk Jantan: SINAR
  • Sinar merupakan merpati tinggi kolongan yang cukup berprestasi di kabupaten cilacap antara lain dengan menggondol TV, VCD Player, Tabanas dan  sederet prestasi lainnya, dan konon dapat mengimbangi burung-burung berprestasi dari Ciamis,Tasikmalaya sampai Bandung. Sinar mempunyai anak yang sering juara kolongan antara lain Sinar Junior dan Megan.
  • Induk Betina: Blorok
  • Blorok Merupakan burung yang baik, terbukti dengan anakannya yang cukup berprestasi.

Induk Jantan Tambahan

1. KUJI TOKUGAWA

KUJI TOKUGAWA
  • Nama Burung: KUJI TOKUGAWA
  • Induk Jantan: Robert (sering juara I Lomba merpati balap di Cilacap bag.barat Jawa Tengah)
  • Induk Betina: Anakan Burung Balap dari Yogyakarta
  • Saudara sebapak-ibu: Zidane (Zidane hampir selalu Juara I Lomba merpati balap di Cilacap)
  • Keterangan:
    1. Kuji menurut peternaknya merupakan anakan terbaik Robert
    2. Kuji awalnya dilatih balap, namun karena kebetulan sepi lomba merpati balap di kabupaten cilacap akhirnya dilatih untuk kolongan, dan burung dapat terbang tinggi. Mengingat burung sudah pernah di latih balap sampai dewasa sehingga sulit untuk ngolong
    3. Kuji belum sempat ikut lomba merpati balap maupun merpati tinggi kolongan
    4. KUJI mempunyai mata yang bisa dianggap Super Breeder (SB) karena mempunyai mata dengan circle of correlation berbentuk gergaji, dimana bentuk gergaji (serration/spiky) berada di luar circle of correlation. Mata dengan ciri tersebut menurut Teori Myron S Kulik termasuk Super Breeder (SB). Mata burung dengan bentuk gergaji (serration/spiky) berada di luar circle of correlation termasuk sangat jarang menurut kami maupun teman-teman di Merpati.org.

    —————————————————————————————-

    2. DEBY

DEBY
  • Nama Burung: DEBY
  • RING: DBF 838
  • Induk Jantan: Burung Balap dari Beruang Team (BR)
  • Induk Betina: Maestro vs Anak Meteor
    1. Maestro merupakan trah Chelsie burung andalan YAP lama.
    2. Anak Meteor merupakan keturunan meteor yang merupakan trah roda gila yang konon fenomenal prestasinya.
  • Keterangan: Deby adalah burung hibah (karena burung sakit) dari Om Hermono Merpati.Org, burung kami latih kolongan dan sudah sampai star dengan karakter stabil ngolong turun kencang, namun tidak sempat untuk lomba karena burung dicuri dikandang, setelah ketemu akhirnya diternak.
  • Anakan Deby cukup baik merata, anakan pertama dilatih di kroya diberinama Jambul Naga Ring Asoka Team 8936, saat piyik 2 burung dah star stabil ngolong dan dari uji coba piyik 2 dapat menang dari burung juara-juara kolongan di kroya dari harga bisa, harga 5 juta, malah kata yang ngelatih “burung baik…yang belum dikalahin cuma yang harga 40 juta karena belum uji”. Mudah2an setelah rampas bisa jadi jawara lomba!

—————————————————–

3. Global
Nama Burung: Global
Menurut peternaknya Global adalah anak terbaik dari 6 kali tetasan, terutama secara rabaan dan gaya terbang sewaktu piyik.
Induk Jantan: Roker
Roker berkali-kali juara 1 lomba merpati tinggi kolongan di kabupaten cilacap Jateng, Adapun prestasi Roker antara lain:
• Juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah motor tahun 2011;
• Juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah TV tahun 2010;
• Berkali-kali juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah tabanas;
• Berkali-kali juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah ayam;
• Berkali-kali juara 1 lomba jagungan merpati kolongan;
• Berkali-kali masuk Juara 2 dan 3 lomba merpati kolongan.
Induk Betina: Anak Megan
Megan pernah juara 1 lomba merpati kolongan berhadiah DVD Playar di Cilacap Barat.
Keterangan:
Global merupakan anak terbaik roker, walaupun ada salah satu soudara global yang cukup baik dimainkan dibandung konon ditawar 25 juta karena beberapa kali juara lomba merpati kolongan. Hingga saat ini global masih merupakan anak terbaik roker, begitu menurut peternaknya.
————————————————————————

4. Napoleon

Induk jantan: Chelsie (Chelsie merupakan burung andalan YAP lama yang dijual ke Tim Katraco)
Induk Betina: Meteor vs anak Matador

  1. Meteor merupakan cucu roda gila dari jalur betina, dimana rodagila merupakan burung andalan YAP lama. Meteor meupakan burung yang cukup banyak prestasinya.
  2. Matador merupakan anak Target, Target anak rodagila, dimana rodagila merupakan burung andalan YAP lama.

Keterangan:

Saudara Napoleon banyak yang cukup terkenal antara lain Maestro (Saudara sebapak) ada di Tim Juss, Caravela (saudara sebapak) ada di tim DBF, Sonik (Saudara Sebapak) ada di Tim YAP.

————————————————————–

5. Sangkuriang (burung dapat terbang sangat tinggi dan turun rapi ngolong, burung pernah dilatih kolongan dan hanya ikut lomba 1 (satu) kali masuk 8 besar lomba merpati tinggi kolongan di cilacap barat).

18 Responses to Indukan Jantan

  1. AJI cah CLP says:

    asoka team minta info berapa harga anakan kanaka

  2. andra says:

    gan,, kuji dijual gk?

    • asokamerpati says:

      Kuji belum ada niatan dijual, masih buat indukan sementara ini paling anakanya ada tuhh megan juga mirip kuji, tadinya takkira terlalu besar ternyata begitu mulai branca keliatan seimbang dan baik

  3. wahyu aja says:

    burung nya top banget

  4. wahyu aja says:

    burungnya top banget

  5. renaldi widodo says:

    anak Global ada gak om???

  6. renaldi widodo says:

    yg sudah sejas jantan om???

    yg mirip bapak nya :)

  7. joul says:

    itu bukan nya yg di sebut orang mata burung jawa gan? atau bulleyed ??

    • asokamerpati says:

      Iya itu burung mata jawa, cuma emang circle of corelationnya dan irisnya rada beda dari burung jawa pada umumnya

  8. aambon says:

    harga anakan ny brpa bozzz

  9. sarip says:

    salam kenal gan, kuji pasang harga brapa gan???

  10. yanuar says:

    slm knl mas,anak napoleon dan anakan kuji harganya brp?

  11. ahmad says:

    Sinar junior podo ngonku plek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>